Puji Tuhan acara Pray For Cities Bekasi secara online dapat diselenggarakan pada hari Rabu, 14 Aprll 2021, dan dapat disaksikan secara online melalui Facebook, Youtube dan Instagram.

Dilayani oleh:
• Pdt. Charliedus R. Saragih, Gereja Kristen Indonesia (GKI) Camar, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat.
• Pdm. Jeffry Notohardjo, Gereja Pentakosta Isa Almasih (GPIA) El-Shaddai Pekayon, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat.
• Pdt. Thomas Agung, Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Rumah Doa, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.
• Pdt. Brahmana Duta Dewa, Gereja Kristen Pasundan (GKP) Jemaat Bekasi, Kota Bekasi, Jawa Barat.
• Muryanto, KPPI Ministry.

Hidup yang Diperbaharui

Acara dibuka oleh  Pdt. Charliedus R. Saragih dengan doa. Kemudian menyampaikan Firman Tuhan dari Roma 12:2, “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.”

Hidup yang diperbaharui adalah kerinduan kita yang mau hidup sungguh-sungguh dalam Kristus dan memiliki pengharapan kekal. Di sini kita akan melihat apakah hidup kita telah diperbaharui, ingin diperbaharui dan selalu diperbaharui

Di dalam gereja ada dua tipe, orang Kristen dan murid Kristus. Bedanya adalah orang Kristen belum tentu memprioritaskan Kristus, sedangkan murid Kristus memprioritaskan Kristus, bukan seperti orang dunia yang mengutamakan materi. Tetapi kehidupan yang diubahkan ialah kehidupan yang diubahkan untuk kekekalan. Dunia memang bisa menawarkan banyak hal namun dunia tidak dapat memberikan hidup kekal. Mungkin kehidupan kita berat, namun Tuhan Yesus memberikan damai sejahtera. Rasul Paulus menasehatkan jangan serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu .

Kita harus menyadari bahwa yang diinginkan Tuhan adalah totalitas sebab Tuhan total memberikan kasih-Nya. Mari buka hati kita, ubah pikiran kita. Ketika kita di dalam Kristus maka kita tahu hal apa yang harus kita lakukan. Mungkin kita mengatakan kita tidak dapat melakukan dengan sempurna, namun serahkanlah semua kepada Tuhan yang sempurna, yang akan menyempurnakan apa yang kita lakukan.

Kalau saat ini kita baru mengalami perjumpaan dengan Tuhan,  bukalah hatimu. Dengan kasih-Nya yang lembut Dia akan memberikan kekuatan, akan memberikan panduan yang pasti bahwa hidupmu akan teguh sekalipun dalam gelombang kehidupan. Sekalipun ada air mata, kesedihan dan kekhawatiran tetapi Tuhan tetap pegang hidupmu. Maka hari ini datanglah kepada Tuhan Yesus, bahwa Tuhan Yesus sudah berkorban untuk kita dan Dia menang dalam kuasa Allah.

Kemudian acara dilanjutkan oleh Pdm. Jeffry Notohardjo yang meminpin doa terima Tuhan Yesus. Sebelumnya disampaikan bahwa perubahan dalam kehidupan hanya terjadi jika Yesus Kristus masuk ke dalam hati kita. Disampaikan firman Tuhan dari kitab Yohanes 3:16, “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”

Lalu Pdm. Jeffry Notohardjo menuntun doa terima Tuhan Yesus. Setelah itu, mendoakan orang yang rindu melayani Tuhan, dengan menyampaikan firman Tuhan dari Lukas 10:2 Kata-Nya kepada mereka: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.

Terima Mujizat Kesembuhan dengan Iman

Selanjutnya Pdt. Thomas Agung menyampaikan Firman Tuhan tentang kesembuhan. Keputusan menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamat adalah keputusan terpenting dalam kehidupan kita. Kemudian ketika menerima Tuham Yesus sebagai Juruselamat, selain menerima keselamatan, maka iman percaya kepada Yesus kristus juga akan menyembuhkan kita. Dan Pdt. Thomas Agung menyampaikan firman Tuhan dari kitab Mazmur 103:3, “Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu,”

Tuhan kita sangat baik, Dia ampuni segala kesalahan kita. Karena segala pelanggaran dosa semua ada hukumannya, dan upah dosa adalah maut. Tetapi karena kebaikan Tuhan yang sangat luar hiasa, Dia ampuni segala dosa kita. Kalau Bapak Ibu beriman kepada Yesus yang mengampuni segala dosa, malam ini saya mengajak Saudara berdoa untuk kesembuhan gangguan di ginjal, paru-paru, telinga atau di kaki. Percayalah kesembuhan dari Tuhan Yesus akan terjadi malam ini. Kesembuhan dari Tuhan adalah kesembuhan Ilahi.

Yesus sudah mati di kayu salib menebus dosa kita dan bilur-bilur-Nya menyembuhkan segala sakit penyakit. Pdt. Thomas Agung memberikan contoh dengan membacakan firman Tuhan dari Markus 7:26-28 tentang perempuan Siro-Fenisia yang percaya. Kisah seorang perempuan yang memohon kepada Yesus untuk mengusir setan dari anaknya. Lalu Yesus berkata kepadanya: “Biarlah anak-anak kenyang dahulu, sebab tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.” Tetapi perempuan itu menjawab: “Benar, Tuhan. Tetapi anjing yang di bawah meja juga makan remah-remah yang dijatuhkan anak-anak.”

Kisah seorang bukan yahudi, boleh dibilang bukan orang percaya. Perempuan itu memohon kepada Yesus, untuk menyembuhkan anaknya dari ganguan setan. Perempuan Siro Fenisia tersebut sangat beriman. Tuhan Yesus mengatakan perempuan tersebut memiliki iman luar biasa. Prinsip iman yang luar biasa, kita tidak boleh mengandalkan perbuatan kita untuk mendapatkan kesembuhan. Yesus mau kita mendapat kesembuhan sama seperti kita mendapatkan keselamatan yaitu dengan beriman.

Apapun penyakit kita, percayalah Tuhanlah penentu kehidupan kita. Vonis dokter bukan akhir, tetapi masa depan kita ada di tangan Tuhan. Maka percayalah, oleh karena iman percaya kepada Tuhan Yesus, maka akan menerima kesembuhan. Sebab Tuhan Yesus menghendaki kesembuhan dan kelepasan dari kutuk. Tuhan Yesus mau menyembuhkan secara total.  Mazmur 103:3, “Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu,”

Oleh bilur-bilur Tuhan Yesus, sakit jantung, Covid-19, kanker, apapun sakit-penyakit kita telah menjadi sembuh.

Acara dilanjutkan dengan doa kesembuhan oleh Pdt. Brahmana Duta Dewa, yang sebelumnya menyampaikan firman Tuhan dari 1 Petrus 2:24, “Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.” Kemudian  Pdt. Brahmana Duta Dewa meminta meletakkan tangan pada bagian yang sakit, serta berdoa untuk kesembuhan.

 Setelah itu acara berdoa untuk Kota Bekasi dan Indonesia. Dipimpin oleh Pdm. Jeffry Notohardjo dan Pdt. Brahmana Duta Dewa. Pdm. Jeffry Notohardjo memimpin doa untuk Bekasi dan sekitarnya. Mendoakan walikota, bupati, DPRD, camat, kelurahan dan RT/RW. Berdoa supaya Tuhan memberikan keamanan, kedamaian dan perlindungan bagi Kota Bekasi.

Kemudian Pdt. Brahmana Duta Dewa berdoa bagi bangsa, bagi presiden, wakil presiden, TNI, POLRI, dan para menteri. Berdoa meminta Tuhan memampukan bangsa ini mampu melewati covid 19 secara bersama-sama. Berdoa untuk vaksin terdistribusikan dengan merata dan berdoa bagi tim medis tetap beriman. Berdoa bagi NTT dan Malang yang sedang mengalami duka karena bencana alam agar tetap beriman dan berharap pada pertolongan Tuhan.

Di akhir acara Bapak Muryanto mengingatkan tentang kontak layanan doa yang dapat dihubungi, kemudian menutup acara dalam doa. Selanjutanya mengumumkan himbauan pemerintah dalam situasi pandemi. Dengan mantaati peraturan pemerintah yaitu 5M,  memakai masker ke luar rumah, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dengan orang lain, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi. Kemudian tidak lupa menyampaikan jadwal acara Pray For Cities selanjutnya dan informasi media sosial Pray For Cities.

(bas/ver)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.