PFC Online Kalimantan 28 Juli 2021: Imanmu Telah Menyelamatkan Engkau

Puji Tuhan acara Pray For Cities (PFC) Kalimantan secara online dapat diselenggarakan kembali pada hari Rabu, 28 Juli 2021, dan dapat disaksikan secara online melalui Facebook, Youtube dan Instagram.
Dilayani Oleh:⠀
● Pdt. Rina Teriasi, Gereja Kalimantan Evangelis ( GKE ) MJ GKE Hosianna, Palangkaraya , Kalimantan Tengah
● Pdm. Hans Christian Kilapong, Gereja Bethel Indonesia ( GBI ) Sambas, Kalimantan Barat
● Pdt. Yonatan Maga, Gereja Kerapatan Injil Bangsa Indonesia ( Gereja KIBAID ) Jemaat Batakan, Balikpapan ,Kalimantan Timur.
● Pdt. Rhema Tarigan, Gereja Kemenangan Iman Indonesia ( GKII ) Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
● Ev. Shakuntala Margaretha, KPPI Ministry.⁣

Imanmu Telah Menyelamatkan Engkau

Acara dimulai dengan doa pembuka oleh Pdt. Rina Teriasi kemudian beliau menyampaikan Firman Tuhan yang diambil dari Lukas 7 : 38 , 50 ” Sambil menangis ia pergi berdiri di belakang Yesus dekat kaki-Nya, lalu membasahi kaki-Nya itu dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, kemudian ia mencium kaki-Nya dan meminyakinya dengan minyak wangi itu. Ayat 50 Tetapi Yesus berkata kepada perempuan itu: “Imanmu telah menyelamatkan engkau, pergilah dengan selamat!”

Kita sudah mengalami kondisi pandemi seperti ini sudah 1,5 tahun. Dengan kondisi seperti ini kita semua harus beradaptasi dengan kebiasaan baru supaya kita bisa bertahan hidup, tetap beraktivitas dan tetap berharap kepada Tuhan supaya kiranya Tuhan menyelamatkan kami dari wabah Covid-19 ini. Ketika kita berseru kepada Tuhan tentu kita berpengharapan untuk orang-orang yang kita kasihi tetap sehat walaupun ada yang terpapar covid, ada yang kembali kepada sang pemilik kehidupan, kita tetap harus meyakini bahwa Tuhan adalah pengharapan kita.

Didalam injil Lukas 7:38 kita tahu tentang perempuan berdosa, tapi dia mau datang kepada Tuhan, Sang Juruselamat. Perempuan berdosa ini menghampiri Yesus dengan menangis, membasahi kaki Yesus dengan air mata, menyeka dengan rambutnya, menciumnya dan meminyakinya dengan minyak wangi. Inilah tindakan yang dilakukan oleh perempuan berdosa, memohon belas kasihan dengan kerendahan hati dan berharap Tuhan mengampuni dosanya. Didalam ayat 38 kita lihat bukti pengakuan dosa dan penyesalan akan dosa-dosa perempuan berdosa itu yang merupakan contoh kesungguhan hati untuk percaya kepada Tuhan supaya Tuhan mengampuni dosanya.

Saudara – saudara yang terkasih segera ambil keputusan untuk percaya kepada Tuhan Yesus Juruselamat kita. Dia yang telah mati di kayu salib untuk menebus dosa-dosa kita.

Kemudian doa menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamat dipimpin oleh Pdm. Hans Christian Kilapong, sebelumnya membacakan Firman Tuhan dari Yohanes 3:16 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”

Dilanjutkan berdoa bagi saudara yang rindu untuk melayani Tuhan, dengan membacakan dasar Firman Tuhan dari Lukas 10:2 “Kata-Nya kepada mereka tuaian memang banyak tapi pekerja sedikit. Maka mintalah supaya ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.”

Yesus penyembuh

Selanjutnya Firman Tuhan mengenai kesembuhan disampaikan oleh Pdt. Yonatan Maga injil diambil dari Markus 10 : 46 -52 tentang Yesus menyembuhkan Bartimeus. Kita tahu ada banyak penyebab kita sakit, ada yang disebabkan karena virus, bakteri, kelalaian kita karena tidak menjaga kesehatan, dan juga karena roh-roh jahat.
Dan sebagai orang sakit pasti akan mencari kesembuhan, sama seperti Bartimeus. Dimana tiap-tiap hari Bartimeus meminta- minta di kota Yerikho dan Bartimeus telah mendengar kabar tentang Yesus yang sanggup menyembuhkan sakit penyakit. Dan ketika dia mendengar bahwa Yesus datang ke Yerikho, Bartimeus berseru-berseru kepada Tuhan.

Jika bapak dan Ibu pada saat sedang sakit percaya bahwa Yesus sanggup menyembuhkan setiap sakit penyakit Bapak dan Ibu inilah yang pertama yang harus kita lakukan percaya. Yang kedua tidak menyerah, seperti Bartimeus yang tidak menyerah atau putus asa, karena dia tidak membiarkan dirinya dipengaruhi oleh lingkungannya, bahkan Bartimeus semakin keras berseru-seru kepada Tuhan sekalipun orang disekelilingnya menyuruhnya diam. Dan yang ketiga yang dilakukan Bartimeus adalah dia beriman, bisa kita lihat di ayat 50-52 dimana ketika Yesus memanggil Bartimeus untuk berdiri dan bertanya Apa yang kau kehendaki supaya Aku perbuat bagimu? Jawab Bartimeus : Rabuni, supaya aku dapat melihat. Lalu Yesus menjawab pergilah, imanmu telah menyelamatkanmu.

Mari bapak dan Ibu yang sakit datanglah kepada sumber Kesembuhan yaitu Tuhan Yesus yang sanggup menyembuhkan setiap sakit penyakit kita. Percayalah kuasa Tuhan Yesus tetap sama dari dahulu, sekarang dan sampai selama-lamanya. Percayalah kepada Yesus. Berimanlah kepada Yesus. Karena tidak ada yang mustahil bagi orang percaya.

Kemudian sebagai dasar doa kesembuhan, yang dipimpin oleh Pdt. Rina Tarigan , dibacakan Firman Tuhan dari Yesaya 53:5 “ Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.” Bagi saudara yang sakit dapat memegang bagian yang sakit.

Dilanjutkan doa bagi Pulau Kalimantan dipimpin oleh Pdm. Hans Christian Kilapong bagi seluruh pulau di Kalimantan, para pemimpin dari tingkat provinsi sampai jajaran paling bawah agar diberikan hikmat untuk dapat memimpin sesuai kehendak Tuhan, serta bagi seluruh masyarakat Kalimantan agar perekonomian mereka dipulihkan dan dijauhkan dari segala bencana alam. Dan doa untuk bangsa Indonesia yang dipimpin oleh Pdt. Rina Tarigan berdoa untuk pemulihan pertumbuhan ekonomi, berdoa bagi penderita covid-19 agar disembuhkan, berdoa bagi para pemimpin negeri mulai dari tingkat pusat sampai ke daerah agar mereka dapat diberikan hikmat untuk memimpin bangsa ini menjadi lebih baik lagi.

Acara ditutup dalam doa yang dipimpin oleh Ev. Shakuntala Margaretha, yang menyampaikan pengumuman mengenai nomor layanan doa, himbauan untuk mengikuti protokol kesehatan dan jadwal acara Pray For Cities selanjutnya dengan follow media sosial Facebook, Youtube dan Instagram Pray For Cities. [ovi/cis]

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram