PFC Online Kalimantan 26 Mei 2021: Selagi Ada Waktu Datanglah Kepada Tuhan

Ibadah Pray For Cities Online Kalimantan berlangsung pada hari Rabu, 26 Mei 2021 pukul 19.00 WIB. 

Syukur kepada Tuhan acara Pray For Cities Kalimantan secara online telah diselenggarakan pada hari Rabu, 26 Mei 2021 dan dapat diikuti melalui Facebook, Instagram dan YouTube.

Pray For Cities Kalimantan pada hari ini dilayani oleh:

• Pdt. Arfinancy Sarapung, Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Sosok, Kalimantan Barat.

• Pdt. Carolina Kariho, Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

• Pdt. Clifly Rawung, Kerapatan Gereja Baptis Indonesia (KGBI) Jemaat Baptis Kabar Baik, Balikpapan, Kalimantan Timur.

• Ev.Yefta, Gereja Kerapatan Pantekosta (GKP) Jemaat Batu Penjuru, Nunukan,  Kalimantan Utara.

• Samuel Baktiar, KPPI Ministry

Selagi ada Waktu Datanglah kepada Tuhan

Firman Tuhan yang pertama disampaikan oleh Pdt. Arfinancy Sarapung, diambil dari Markus 1:14-15 yang berkata,

Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah, kata-Nya: “Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!” 

Yesus mengawali pelayanan-Nya dengan berkata bahwa waktunya telah genap, Kerajaan Allah sudah dekat. Pekerjaan Yesus dilihat sebagai  perwujudan dari Kerajaan Allah itu sendiri. Konsep kerajaan yang Yesus maksudkan bukan sesuatu yang dapat dilihat atau ditunjuk, tetapi adalah satu kehidupan di masa kini dan masa yang akan datang, dimana setiap orang akan mengalaminya ketika hidup dalam kasih Kristus. 

Kerajaan Allah juga berbicara tentang keselamatan. Allah memperlihatkan diri-Nya sebagai Raja yang  secara aktif mau menyelamatkan dan memberkati umat-Nya. Mujizat-mujizat-Nya membuktikan bahwa Dia ingin sekali memberkati umat-Nya. Dia adalah pribadi yang penuh kasih dan sangat peduli terhadap orang miskin, yang berkekurangan dan yang mengalami penolakan dari lingkungan masyarakat sekitarnya. Yesus peduli atas kondisi spiritual seseorang dan menjangkau orang-orang yang terikat. Keselamatan diberikan kepada semua orang tanpa melihat status sosial, agama atau kepercayaan seseorang.

Waktu yang Tuhan beri pada kita sangat berharga. Dia memberikan kesempatan pada kita untuk kita datang kepada-Nya, memberi diri kita untuk dipulihkan. Matius 11:28, “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.”

Mari kita membuka hati untuk menerima Kristus. Bertobat dan terimalah anugerah keselamatan yang disediakan bagi kita. Dia tidak memperhitungkan segala dosa dan pelanggaran kita karena Dia sangat mengasihi kita. Yesus mau menerima kita karena kita sangat berharga bagi-Nya. 

Doa bagi yang mau percaya dan menerima Yesus dipimpin oleh Pdt. Carolina Kariho. Sebelumnya membacakan Firman Tuhan dari Yohanes 3:16, “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”

Setelah itu berdoa bagi yang mau menyerahkan hidup untuk melayani Tuhan, didahului dengan membaca Fiman dari Lukas 10:2 : Kata-Nya kepada mereka: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.”

Iman Mengerjakan Mujizat

Selanjutnya Pdt. Clifly Rawung menyampaikan Firman mengenai kesembuhan dari Mazmur 30:2-4 tentang rahasia kuasa kesembuhan.

Mazmur 30:2-4

Aku akan memuji Engkau, ya TUHAN, sebab Engkau telah menarik aku ke atas, dan tidak memberi musuh-musuhku bersukacita atas aku. TUHAN, Allahku, kepada-Mu aku berteriak minta tolong, dan Engkau telah menyembuhkan aku. TUHAN, Engkau mengangkat aku dari dunia orang mati, Engkau menghidupkan aku di antara mereka yang turun ke liang kubur. 

Daud selalu memiliki pandangan yang positif tentang Tuhan. Daud selalu percaya bahwa Tuhan itu baik. Dalam menghadapi masalah, respons Daud selalu positif dan benar. Daud pernah mengalami sakit yang berat dan hampir mati, tetapi Daud percaya bahwa Tuhan sanggup menolong dan menyembuhkan dia.  Dia tetap beriman sekalipun kondisnya sulit. Dia yakin bahwa Tuhan akan menolongnya. Daud berseru dan berteriak, memanggil nama Tuhan yang dia kenal dengan keyakinan yang kuat. Daud tidak pernah putus asa, dia tidak menyerah dan menjadi  lemah atau pasrah pada keadaan. 

Mari kita beriman, yaitu iman yang dapat menerobos hatinya Tuhan,  sehingga Dia berbelas kasihan pada kita. Teruslah berdoa dan meminta kesembuhan dari Tuhan. Daud senantiasa memiliki semangat yang tinggi. Dia selalu dapat bangkit dari keputusasaan. Dia selalu bersukacita dan bergembira. Sekalipun kondisinya seperti sudah mau mati namun dia dapat berkata bahwa Tuhan akan mengangkat dia.

Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang. Maukah saudara mengalami kesembuhan dari Tuhan? Yakin dan percayalah pada Yesus yang sanggup menyembuhkan sakit penyakit apapun. Kuasa Yesus tidak pernah berubah dan tidak pernah terlambat bagi kita.

Doa kesembuhan dipimpin oleh Ev.Yefta, sebelumnya membacakan Firman Tuhan  dari 1 Petrus 2:24, “Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.”

Dalam sesi doa syafaat Pdt. Carolina Kariho berdoa untuk pemerintah daerah Kalimantan, supaya dapat bekerja sesuai kehendak Tuhan, juga supaya ada keamanan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakatnya. Dilanjutkan oleh Ev.Yefta berdoa memberkati bangsa Indonesia, untuk  Presiden Joko Widodo, supaya Tuhan memberikan hikmat dalam memimpin bangsa ini. Berdoa juga untuk aparat keamanan, TNI dan Polri, agar dapat menjaga keamanan seluruh bangsa, bagi penanganan Covid-19 dan para medis yang menangani Covid-19.

Ibadah Pray For Cities Online Kalimantan  kemudian ditutup oleh Samuel Baktiar dari KPPI Ministry.

Tuhan memberkati

[rat/ver]

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram