PFC Online Jakarta Barat 20 Oktober 2021: Pertobatan Membawa Keselamatan

Puji Tuhan acara Pray For Cities Jakarta Barat secara online dapat diselenggarakan kembali, pada hari Rabu 20 Oktober 2021, dan dapat disaksikan secara online melalui Facebook, Youtube dan Instagram.

Dilayani oleh :
• Pdt. Leonard Sigalingging, Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Resort Slipi, Jakarta Barat, DKI Jakarta.
• Pdp. Idris Mesach Hasibuan, Gereja Bethel Indonesia (GBi) Harvest of the Souls Mutiara Taman Palem, Jakarta Barat, DKI Jakarta
• Pdt. Jowel Zakaria, Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Cendrawasih, Cengkareng, Jakarta Barat, DKI Jakarta
• Pdt. Ricky Kaburuan, Gereja Kristen Rahmani Injili (GeKRI) Bojong, Jakarta Barat, DKI Jakarta
• Muliani, KPPI Ministry

Pertobatan Membawa Keselamatan

Mengawali acara ini Pdt. Leonard sigalingging menyapa pemirsa dan membukanya dalam doa. Firman Tuhan yang disampaikan dari Matius 4:17, “Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: ”Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!.” Kisah Para Rasul‬ ‭4:12‬ ,‭“Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.”

Adalah tugas dan tanggung jawab kita supaya kota, bangsa dan negara kita ada dalam damai sejahtera. Sebagaimana firman Tuhan berkata dalam Yeremia‬ ‭29:7,‬ ‭ “Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada Tuhan, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.” Kesejahteraan, keamanan dan keselamatan kota dan bangsa kita terletak pada seluruh warga masyarakat terlebih kita selaku umat yang percaya. Kesejahteraan keselamatan tidak akan datang dengan sendirinya jika kita tidak bertobat. Sebagaimana firman Tuhan berkata pertobatan membawa keselamatan. Tidak ada keselamatan yang kita peroleh tanpa pertobatan. Percaya maka keselamatan akan diperoleh. Percaya pada Yesus Kristus maka kita dan seisi rumah akan diselamatkan. Adakah kita tidak menghendaki keselamatan dari Allah dalam Yesus Kristus?

Jatuh bangunnya kita sebagai umat Tuhan dalam dosa tapi kasih Tuhan selalu menuntun untuk mengampuni dan menyelamatkan umatNya. Panggilan keselamatan harus didahului pertobatan. Janji keselamatan digenapi dari Allah dalam Kristus Yesus. Setelah Yesus dibaptis dan dicobai selama 40 hari 40 malam, Yohanes ditangkap. Melalui Yesus digenapi firman Tuhan dari Yesaya, bangsa yang berjalan dalam kegelapan, melihat terang yang besar. Kita harus bertobat, berbalik dari jalan yang salah dan kembali pada Tuhan. Berkelakuan berbeda dari sebelumnya, dalam bahasa Yunani, metanoia. Yesus menjadi tanda bagi angkatan yang jahat untuk bertobat. Inilah panggilan Yesus bagi kita yaitu bertobat, supaya kita beroleh kelepasan dari kuasa iblis, kuasa dosa. Kasih karunia Allah dinyatakan melalui penebusan AnakNya yang tunggal, Tuhan Yesus Kristus yang mati di kayu salib. Pertobatan manusia selama di dunia ini adalah hidup yang menghasilkan buah roh. Keselamatan itu adalah pemberian Allah, bukan hasil perbuatan kita. Dialah benar-benar Juruselamat manusia, yang taat sampai mati di kayu salib. Tetaplah kerjakan keselamatan dengan takut dan gentar. Hanya ada satu nama yang indah yaitu Yesus, karena itu percaya dah bertobat maka kita diselamatkan.

Kemudian Pdp. Idris Mesach Hasibuan memimpin doa menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, sebelumnya membacakan Firman Tuhan dari Yohanes 3:16, “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”

Dilanjutkan berdoa bagi mereka yang rindu untuk melayani Tuhan, dengan membacakan dasar Firman Tuhan dari Lukas 10:2, “Kata-Nya kepada mereka: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.”

Yesus Penyembuh

Acara dilanjutkan dengan Firman kesembuhan yang dibawakan oleh Pdt. Jowel Zakharia dari 1 Petrus‬ ‭2:24‬ ‭ “Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.” Tuhan selalu mau memberikan kekuatan pada kita. Iblis selalu mau mengambil apa yang ada dalam diri kita supaya kita menjadi lemah, kuatir dan takut. Seringkali kita merasa bahwa kesembuhan adalah barang langka. Banyak kita yang terkena covid dan kita berseru-seru pada Tuhan. Dan Tuhan mau mendengar doa kita. Yang harus kita pertahankan adalah kita perlu terus beriman pada Tuhan.

Ibrani‬ ‭11:1‬, ‭“Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.” Iman itu tidak hanya dimiliki oleh pengerja gereja, tapi kita semua. Tuhan akan menjamah kita. Penyakit yang sudah cukup lama, percaya bahwa hari ini akan Tuhan pulihkan. Tuhan tahu apa yang harus Dia kerjakan. HidupNya sudah Dia berikan di kayu salib, terlebih lagi mukjizat kesembuhan akan diberikan bagi kita. Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. Asalkan hidup kita dekat dengan Tuhan maka Tuhan akan tambahkan pemeliharaan kesehatan, pemeliharaan jiwa kita seperti dalam Matius 6:33. Sudahkah kita mengutamakan Tuhan? Ia tetap setia meskipun kita tidak setia. Kita harus melekat dengan Tuhan melalui doa. Percaya Tuhan memberi kekuatan jika kita berdoa. Jangan berhenti berdoa. Lengkapi mulut kita dengan firman dan pujian, bukan keluh kesah dan sungut-sungut. Jangan keraskan hati tapi percaya pada nama Yesus.

Doa kesembuhan dibawakan oleh Pdt. Ricky Kaburuan, sebagai dasar doa kesembuhan dibacakan Firman Tuhan dari Yesaya 53:5, “Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.” Pemirsa diajak meletakkan tangan pada bagian yang sakit, dan berdoa.

Dilanjutkan doa syafaat bagi bangsa negara dipimpin oleh Pdp. Idris Mesach Hasibuan, berdoa untuk TNI dan Polri, dan mendoakan keamanan bangsa. Kemudian Pdt. Ricky Kaburuan berdoa untuk presiden Joko Widodo, berdoa supaya covid 19 lenyap dari bangsa kita dan mendoakan setiap tim medis dan pasien supaya disembuhkan Tuhan Yesus.

Kemudian dilanjutkan oleh Muliani yang menyampaikan pengumuman mengenai layanan doa, jadwal Pray For Cities selanjutnya dan himbauan pemerintah tentang protokol kesehatan serta informasi medsos Pray For Cities dan menutupnya didalam doa. Demikian rangkaian acara Pray For Cities Jakarta Barat. [muli]

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram